Keraguan

Bila suatu hari engkau bertemu seorang pelacur, kemudian ia berkata “aku melakukan ini demi menghidupi kebutuhan anak-anakku.” Kemudian engkau pun menjadi ragu untuk mengatakan bahwa prostitusi itu salah.

Bila suatu hari engkau bertemu seorang pedagang yang curang, kemudian berkata “aku melakukan ini demi menghidupi istri dan anak-anakku.” Kemudian engkau pun menjadi ragu untuk mengatakan bahwa ketidak-adilan itu salah.

Kemudian bila suatu hari engkau bertemu lesbian, kemudian berkata “cinta tak memandang apa pun”. Kemudian engkau pun menjadi ragu untuk mengatakan bahwa LGBT itu salah.

Dan bila suatu hari engkau melihat bila pemukiman kumuh digusur secara paksa dengan alasan “perbaikan sistem” dibalik kepentingan kaun borjuis, kemudian engkau pun menjadi ragu bahwa penindasan itu salah.

Maka saat itu sebenarnya aku pun mulai meragukanmu.

Bilamana suatu hari nanti aku melakukan kesalahan dan kau tak lagi menegurku karena terlalu banyak keraguan di kepalamu, maka aku akan sangat takut.

Karena boleh jadi Tuhan-lah yang akan langsung memberi teguran.

image

Tinggalkan Balasan

