Questioning

image

Another art of Paul Kuczynski

Tidak perlu selalu menjawab pertanyaan yang diawali dengan “kenapa”. Memang sudah menjadi semestinya, ada beberapa persoalan yang tak perlu ditanya “kenapa”, perasaan misalnya. Seperti “kenapa aku suka membaca hal yang semacam ini?” #halah

Bila ungkapan “malu bertanya, sesat di jalan” adalah hal yang selalu menjadi dasar seseorang agar bertanya saat tidak tahu, ini merupakan kebodohan. Perlu dipahami, kebodohan juga bisa diketahui dari bagaimana seseorang bertanya, bukan hanya persoalan kapasitas seseorang dalam menjawab.

Mengetahui cara untuk bertanya sama pentingnya dengan mengetahui cara memberikan jawaban. Tidak semua pertanyaan akan mengantarkan kita pada pengetahuan. Beberapa pertanyaan justru akan menjebloskan kita pada ketidaktahuan yang berkepanjangan.

Cobalah beranalogi, ketika seseorang yang sedang tersesat di jalan padahal harus melanjutkan perjalanan, kemudian bertanya kepada wanita pedagang kaki lima yang sedang melayani pembeli.

“Mbak, numpang tanya. Mbak, mau gak sama saya?”

Do you understand?

Maka cobalah meningkatkan kualitas pertanyaan. Karena kualitas pertanyaan yang bagus akan mengantarkan pada jawaban yang hebat.

Terlepas dari cara bertanya, seseorang bisa dikatakan bijaksana bilamana selalu memiliki jawaban dari tiga pertanyaan dasar dalam setiap urusan.

Untuk siapa?
Untuk apa?
Untuk kapan?

Bila kita lebih jeli, perdebatan manusia berawal dari pertanyaan “kenapa” yang tidak perlu ditanyakan. Dan karena tidak perlu ditanya, maka tidak seharusnya dijawab. Itulah mengapa orang-orang bijak mengatakan bahwa diam adalah jawaban dari pertanyaan bodoh. Jadi, kenapa harus pusing bahkan sampai berkelahi memikirkan jawaban dari pertanyaan “kenapa”?

Jawabannya, kembali ke paragraf pertama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s