Luka

Lupa

Beritahu aku bila kau tahu apa itu luka. Boleh jadi aku tidak tahu arti sebenarnya dari sebuah luka sehingga sebegitu mudahnya aku melukaimu.

Tapi jangan pernah beritahu aku apa itu sakit. Karena sebegitu benarnya sekalipun kamu menjelaskan tentang sakit. Itu hanya berasal dari pengetahuan dan yang kamu rasakan. Bukan yang orang lain rasakan. Bukan pula dari yang ku rasakan.

Memang benar aku percaya bila mencegah lebih mudah daripada mengobati. Tetapi rasanya lebih sulit bila menahan untuk tidak tersakiti. Terlebih lagi, menahan untuk berpura-pura tidak sakit.

Ku tahu bahwa luka itu menyakitkan. Dan ada beberapa luka yang tak bisa hilang dan akan terus terasa sakit. Seseorang yang terluka tetapi tidak sakit adalah orang yang tidak sadar atau mungkin lupa. Lupa bahwa dirinya sedang terluka.

Apakah mustahil bagi kita untuk tidak saling melukai? Bila mustahil, mungkin lebih mudah bila kita bisa untuk saling melupakan.

Jangan beritahu aku apa itu lupa. Kamu hanya cukup mengajariku agar aku tahu bahwa sisi baikmu masih dapat menutupi sisimu yang senantiasa menyakitiku.

Jadi, ajari saja aku lupa. Agar aku bisa tertawa bahagia walau dengan luka yang menganga.

Tinggalkan Balasan

