Kisah Nabi Daud dan Dua Orang Pemuda

Dahulu kala pada zaman Nabi Daud A.S., terdapat dua orang pemuda yang sedang berdebat. Karena itulah akhirnya mereka menghadap kepada nabi Daud A.S., yang juga merupakan seorang raja, untuk meminta jawaban atas pertanyaan mereka.

Salah seorang dari mereka berkata: “Yaa Nabi Allah Daud, kami meminta kepada paduka untuk menjawab satu pertanyaan yang kami perdebatkan”.

“Apakah itu?” Nabi Daud A.S. balik bertanya.

“Seperti apakah akhir dari dunia ini?”

tanya mereka. “Sampai saat ini kami belum menemukan jawabannya.”

Setelah meminta petunjuk kepada Allah, nabi Daud A.S. pun menjawab: “Datanglah besok pagi, akan aku berikan jawabannya.”

Keesokkan paginya, kedua pemuda itu pun datang kembali. Nabi Daud A.S. menyerahkan kepada mereka masing-masing satu buah karung, dan memerintahkan mereka untuk pergi berlawanan arah. Yang satu ke suatu tempat di Timur, yang lainnya ke arah Barat.

Nabi Daud A.S. berpesan: “Apabila kalian telah sampai di tujuan, segeralah berbalik arah untuk kembali, dan masukkan seluruh batu yang kalian temui selama perjalanan.”

Setelah sekain lama kedua pemuda tersebut pergi, akhirnya mereka pun tiba. Nabi Daud A.S. melihat adanya perbedaan pada mereka. Satu pemuda terlihat kepayahan karena memanggul karung yang berisi batu yang banyak. Sedangkan pemuda lainnya tampak santai karena karungnya berisi batu yang sedikit.

Kemudian Nabi Daud A.S. meminta mereka untuk membuka karungnya. Dan alangkah terkejutnya mereka, ternyata isi karung mereka pun telah berubah menjadi emas.

Kemudian Nabi Daud A.S. bertanya kepada mereka: “Bagaimana perasaan kalian?”

“Yaa Nabi Allah Daud, aku sangat menyesal! Karena tadi aku sedikit sekali mengambil batu. Seandainya aku tahu bahwa batu itu akan berubah menjadi emas, tentulah aku akan memenuhi karungku!” jawab pemuda yang karungnya berisi sedikit.

Pemuda yang karungnya penuh menjawab : “Yaa Nabi Allah Daud, aku juga sangat menyesal! Seandainya aku tahu bahwa batu itu akan berubah menjadi emas, tentulah aku akan membawa gerobak dan membawa berkarung-karung batu”.

Akhirnya, Nabi Daud A.S. berkata:

“Itulah jawaban pertanyaan kalian. Sesungguhnya akhir dunia adalah penyesalan, yang sedikit beramal baik, akan menyesal kenapa tidak lebih banyak beramal. Yang banyak beramal, akan menyesal kenapa tidak lebih banyak beramal lagi”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s