Error

Beberapa kalimat yang saya ucapkan tampak salah. Kemudian penafsiran orang pun pada akhirnya ikut salah. Berujung pada perdebatan yang saling menyalahkan. Benar-benar serba salah.

Suatu hari saya bertemu orang yang selalu menyalahkan saya. Maka perkelahian pun terjadi. Bukan antara saya dan dia, tapi antara saya dengan pikiran saya sendiri. Pikiran untuk memutuskan bahwa sebenarnya dia, saya, keduanya, atau tiada yang salah. Dan saya cenderung memilih tiada yang salah antara kami berdua. Ini hanya perihal dua orang benar yang bertemu di saat waktu, tempat, atau suasananya kurang tepat. Sebagaimana saya teringat bahwa saya hanya seorang manusia, jawaban yang saya lontarkan pada akhirnya hanya sebatas kata “Iya, maaf. Saya salah.”

Jadi, siapa yang salah antara dia yang merasa benar dan yang merasa bersalah? Jawabannya, bukan antara si- benar dan si-salah. Ini tentang waktu. Ada banyak hal benar oleh orang benar yang tidak perlu disampaikan di waktu yang salah. Dan ada banyak kesalahan-kesalahan dari orang salah yang perlu diutarakan di waktu yang benar.

Sungguh mulia, orang-orang yang mengingat ruang-waktu sebelum mengutarakan benar-salah. Karena setiap orang benar pun punya masa lalu. Dan orang salah pun punya masa depan. Setiap orang dapat menjadi benar manakala seiring waktu berjalan, hidupnya berubah ke arah yang benar.

Saling menghargai. Itulah yang benar.

Namun ada dua tipe manusia yang saya anggap salah di dunia ini. Yang pertama adalah mereka yang selalu merasa bersalah. Dan yang lainnya adalah mereka yang selalu merasa tidak pernah salah. Karena orang pertama merasa seakan tidak ada Tuhan. Sedangkan orang kedua merasa seakan dirinya Tuhan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s