Pulang Sekolah

Tragedi telah terjadi di tengah kesibukkan orang-orang yang dengan jaimnya melantunkan nyanyian syair ilmu yang membuat kepala siswa menjadi berat dan tertahan di atas sebuah meja. Sesekali ku menoleh ke arah jendela nan kotor. Tampak seseorang yang sedang berjalan dengan santainya di koridor membuat konsentrasi para penghuni kelas menjadi semakin tidak terarah. Celetukkan demi celetukkan mewarnai suasana nan rempong ini semakin meriah dan lebih berwarna. Terkadang manusia yang berada jauh di sudut ruangan tiba-tiba bangkit dari duduk dengan gagahnya mendatangi sang guru dan berkata “izin ke belakang bu/pak”.

Waktu berjalan seperti biasa namun anehnya terasa begitu lama. Terkadang emosi semakin meluap-luap terlebih jika sang guru begitu pasif. Ketika ku menoleh ke arah belakang, terkejutnya diriku ketika hanya akulah yang masih bertahan di medan perang ini dengan posisi duduk sempurnaku (yang lain telah tertidur bahkan ada yang benar-benar seperti mayit).

Akhirnya telah tiba..

Ledakkan bunyi bel pulang terdengar dari kutub sekolah. Para pelanggan tidur itu pun segera bangkit dari alam bawah sadar mereka dan berteriak-teriak bahagia namun bagai disiksa. Seluruh kelas dipenuhi rasa senang, bahagia, tangis, haru, galau, semangat. Dan hanya satu orang di antara kerumunan yang masih terpaku diam seribu bahasa dengan menjaga sikapnya. Tidak lain adalah guru yang sudah terlupakan keberadaannya.

Setelah itu, kelas pun kembali tenang dengan paksanya kemudian melakukan tradisi biasa sebelum meninggalkan ruang penjara tersebut. Tentu saja doa khitmat dan salam kita laturkan dengan lantangnya bagai prajurit. Seluruh pikiran kini tertuju kepada hal-hal apa yang akan dilakukan setelah keluar rehabilitasi ini. Di sinilah kelas berakhir, dan di sinilah hidup kami berawal..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s